Kamis, 13 November 2014

TUGAS 6 : Membuat Chart of Account ( COA ) untuk Modul Accounting

CHART OF ACCOUNT ( COA )
Chart of Account (COA) adalah suatu daftar atau table akun yang dibuat dan disusun secara sistematis, didalamnya tersusun unsur-unsur kode akun atau nama akun yang sudah dikelompokkan sebelumnya. Fungsi dari COA adalah untuk mengontrol keuangan perusahaan sehingga dapat diproses dengan mudah dan hasilnya adalah laporan keuangan perusahaan tersebut tersusun secara rapi.
Didalam sebuah system atau struktur akun, tidak boleh ada kode yang sama yang digunakan untuk mewakili akun yang berbeda. Nama – nama akun ini umumnya disusun secara baku oleh perusahaan, namun setiap perusahaan belum tentu memiliki kesamaan satu sama lain.
Tipe-tipe akun :
Untuk merancang struktur Chart of Account(COA) harus mengikuti dulu tipe-tipe akun yang didefinisikan dari masing-masing akun. Tipe-tipe akun yang terpenting adalah :
1.    ASSET
Asset atau yang disebut dengan harta perusahaan. Contoh : kas kecil (cash), kas di Bank, gedung, stok gudang, piutang.
2.    Liabiliti
Liabiliti sering juga disebut dengan kwajiban perusahaan. Contoh :  hutang, pinjaman bank, hutang  bunga.
3.    Equty
Equity disebut juga dengan modal perusahaan. Contoh : saham, investor individu/perusahaan.
4.    Revenue / Income
Revanue atau yang disebut dengan pendapatan kotor perusahaan. Pendapatan dan penjualan barang/jasa, pendapatan bunga Bank.
5.    Ekspense
Ekspense juga disebut dengan biaya/pengeluaran operasional perusahaan. Contoh : listrik dan air, sewa, gaji karyawan, depresiasi/penyusutan asset, asuransi.
Agar penyusutan-penyusutan akun menjadi sistemasit setiap akun umumnya disusun berdasarkan induk akun dan anak akun. Setiap akun yang masih memiliki anak akun, tipenya harus view dan akun yang sudah tidak memiliki anak kaun tipenya harus disesuaikan dengan akun tersebut.
Keterangan Tipe lain :
·         Regular, tipe akun untuk transaksi umum (penjualan, pembelian, inventory dll).
·         ReceivableI, tipe akun untuk piutang.
·         Payable, tipe untuk hutang.
·         Liquidity, tipe akun untuk kwajiban jangka pendeknya, misalnya kas terhadap kwajiban lancer,  contohnya membayar listrik, telepon, air PDAM, gaji karyawan dsb.
·         Consolidation, tipe akun untuk menggabungkan akun satu dengan akun yang lainnya untuk multy company  menjadi satu akun.
·         Closed, tipe akun yang tidak bisa digunakan.

Laporan Keuangan
            Dari susunan akun diatas akan didapatkan laporan-laporan keuangan yang pada umumnya. Laporan keuangan tersebut terdiri dari :
1.    General Ledger atau disebut buku besar adalah pencatatan transaksi-transaksi yang disusun berdasarkan jurnal-jurnal  tertentu (termasuk jurnal umum, jurnal khusus, jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal kas, jurnal penyesuaian).
2.    Trial Balance atau disebut neraca saldo adalah laporan posisi keuangan yang terdapat dalam buku besar periode tertentu, fungsinya adlah dapat mengetahui apakah jurnal-jurnal yang telah dbuat sebelumnya penempatan debit dan kreditnya sudah benar atau belum.
3.    Balance Sheet adalah bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akutansi yang menunjukan posisi keuangan entitas pada akhir periode tersebut. Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu : asset, liabilitas dan ekuitas yang dihubungkan dengan persamaan akutansi.
Asset = Liabiloity + Equity
Dari persamaan diatas laporan keuangan Balance Sheet sesuai namanya harus balance/seimbang , dimana Asset harus sama dengan liability +quity . agar nilainya sama maka Asset harus ditambah dengan nilai Profit/Loss.
4.    Profit and Loss adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akutansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih. Sesuai dengan rumus profit and loss, jika minus (-) artinya Loss, jika positif (+) artinya Profit.

Profit and Loss = Income – Ekspense

Tidak ada komentar:

Posting Komentar